Pengertian Rerservasi Hotel

Sebagai pembuka artikel ini, perlu diketahui terlebih dahulu arti dari reservasi. Resevasi adalah kata serapan dari bahasa inggris “Reservation” yang berarti Pemesanan yang mana arti dari kata ini berhubungan erat dengan kata “tempat”. Oleh karena itu, kita sering mendengar kata reservasi dalam sebuah kalimat atau paragraf yang membahas atau berkaitan dengan suatu tempat. Sedangkan di dunia pariwisata atau perhotelan, reservasi dengan bahasa mudahnya dapat diartikan dengan istilah “Booking”.

Jadi secara umum, reservasi yaitu pemesanan fasilitas yang diantaranya akomodasi, meal, seat pad pertunjukan, pesawat terbang, kereta api, busa, hiburan, night club, discoutegue dan termasuk pemesanan kamar hunian hotel.

Nah, sampailah pada saatnya membahas reservasi hotel. Setiap hotel pasti memiliki departement / bagian reservasi yang bertugas untuk memproses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu. Bagi kelangsungan hotel, bagian ini memiliki fungsi yang sangat vital, disebabkan kemampuan bagian reservasi dalam menangani pemesanan kamar di hotel akan menentukan tinggi rendahnya tingkat hunian hotel tersebut. Bagian reservasi pula yang mesti mempertimbangkan keberadaan kamar terhadap seluruh permintaan pemesanan kamar di hotel. Oleh karena itu, seorang petugas reservasi hotel wajib memiliki kemampuan dasar-dasar reservasi, produk dan jasa yang dijual, bagaimana menjualnya atau teknik menjualnya, dan tentunya juga dengan penggunaan teknologi komunikasi.
Next Prev home