Hotel-Hotel Bersejarah di Indonesia

Munculnya hotel-hotel di Pulau Jawa terjadi pada masa kolonial Belanda yang mengukir sejarah pariwisata di bumi nusantara ini. Yaitu sejak terusan Suez dibuka, sehingga banyak turis-turis dengan dominasi kulit putih asal Eropa berdatangan ke Indonesia untuk berwisata.

Apalagi pada tahun 1910, Belanda membuat biro wisata yang menerbitkan buku panduan wisata lengkap dengan pembuatan brosur untuk promosi. Buku-buku dan brosur-brosur tersebut menampilkan eksotisme bumi nusantara yang ditulis oleh penjelajah Nusantara sebelumnya. Hasilnya, pemerintah Hindia Belanda berhasil membangun kejayaan Pariwisata di awal abad 20-an.

Meskipun diakhir abad ke-19 telah berjamur penginapan perisitirahatan, Pemerintah Hindia Belanda membangun hotel-hotel dibeberapa kota besar dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan turis-turis yang berwisata. Hotel-hotel mewah tersebut dibangun di Pulai Jawa, Medan dan Makassar.

Salah satu Hotel bersejarah peninggalan Pemerintah Hindia belanda adalah Hotel Mij De Boer di Medan yang kini menjadi Hoel Natour Dharma Deli.

Pasca kemerdekaan, di era Orde Lama, Pemerintah membangun hotel berbintang berstandar internasional pertama di Indonesia. Dalam periode yang berdekatan itu juga terdapat empat hotel yang dibangun.
Hotel bersejarah di Indonesia ini kemudian dibagi ke beberapa tipe. Pertama, yaitu hotel-hotel peninggalan kolonial belanda, Masa Orde Lama maupun Orde Baru. Beberapa sudah melewati masa kejayaannya.

Pada tahun 1916 misalnya, terdapat bangunan-bangunan sejarah yang dibangun menjadi hotel. Bangunan yang awalnya merupakan kantor perusahaan gula dan dijuluki sebagai Gedung Cerutu dibangun menjadi Hotel Ibis Surabaya yang menempati bangunan cagar budaya. Hotel Niagara di Malang, diakhir abad ke-19 menempati bangunan yang awalnya merupakan bangunan vila keluarga.

Berikut hotel-hotel mewah bersejarah di Indonesia yang masih eksis dari awal berdiri hingga saat ini. Tidak ada salahnya menginap sembari menikmati sensasi sejarah disalah satu hotel berikut ini :

1. Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta
2. Hotel Majapahit, Surabaya
3. Hotel Savoy Homann Bidakara, Bandung
4. Hotel Salak The Heritage, Bogor
5. Hotel Ambarrukmo Palace, Yogyakarta
Next home